Pengiriman

XXV

Pengiriman

Francis Bacon

 Lukisan Hans Andreas Dahl, Awaiting His Return, 1919

awaiting_his_return-large

Dengan segala seluk beluknya pengiriman merupakan salah satu hal yang paling riskan bagi segala bisnis yang dapat dikerjakan.

Pengiriman ibarat yang disebut oleh para dokter sebagai pencernaan awali, atau pencernaan sekejap; yang tentu saja mengisi tubuh penuh dengan makanan yang kasar dan benih-benih penyakit yang tersembunyi. Oleh karena itu, janganlah menilai soal pengiriman dengan waktu penantian, tetapi dengan kemajuan bisnis. Dan seperti di dalam perlombaan bahwa bukanlah langkah yang besar atau pengayunan yang tinggi yang membentuk kecepatan; demikian juga pengiriman di dalam bisnis, gudang penyimpanan barang yang dekat, dan pengambilan barang sekali yang tidak terlalu banyak mengamankan pengiriman. Adalah kecekatan beberapa orang yang membuat percepatan waktu pengiriman berlangsung; atau yang membuat bisnis seolah-olah tampaknya beres, karena mereka adalah manusia-manusia pengiriman. Tetapi adalah perkara tersendiri untuk mempersingkat bisnis dengan kontrak, perkara yang lain adalah mempersingkat bisnis dengan pemutusan. Dan bisnis yang demikian diatur lewat beberapa kali pembahasan atau pertemuan pada umumnya akan berjalan mundur-maju dengan suatu cara yang labil. Saya kenal seorang bijak yang mana ketika dia melihat orang-orang terburu-buru membuat suatu kesimpulan, melukiskan keadaan tersebut dengan kata-kata berikut ini bersabarlah sedikit supaya kita kiranya menyelesaikan segera.

Di sisi lain, pengiriman yang benar adalah suatu hal yang kaya. Sebab waktu adalah ukuran bisnis, seperti uang adalah ukuran kesejahteraan; sebaliknya bisnis dibawa kepada harga yang mahal ketika terjadi pengiriman yang terlambat. Orang-orang Sparta dan Spanyol telah dicermati sebagai para pengirim yang lambat; mi venga la muerte de Spagna; biarkanlah kematianku datang dari Spanyol, sebab pengiriman yang lambat datangnya akan begitu lama.

Dengarkanlah dengan baik mereka yang memberikan informasi yang pertama dalam bisnis; dan lebih baik arahkanlah mereka sejak permulaan daripada menginterupsi mereka dalam kelanjutan perkataan mereka; karena dia yang ditarik keluar dari keteraturannya sendiri akan membuat dirinya berjalan maju mundur, dan menjadi lebih membosankan ketika dia menunggu atas ingatannya, daripada dia sendiri mampu menjelaskannya dengan baik seandainya dia berjalan dengan jalannya sendiri. Tetapi kadang kala terlihat bahwa moderator itu lebih membingungkan daripada pelaku.

Pengulangan-pengulangan umumnya membuat hilangnya waktu. Tetapi tidak ada cara lain untuk mendapatkan waktu selain dengan sering kali mengulangi bentuk pertanyaan; karena pengulangan mengusir banyak pembicaraan yang ngawur yang akan terjadi. Pembicaraan yang panjang dan rumit sertinya tepat untuk pengiriman, ibarat suatu jubah atau mantel dengan suatu ujung yang panjang

untuk perlombaan[1]. Pembukaan dan peralihan, minta maaf dan perkataan lain tentang penghormatan kepada orang-orang sungguh menyia-nyiakan waktu; dan meskipun perkataan-perkataan tersebut tampaknya berasal dari sebuah kesederhanaan, tetapi mereka itu adalah para pembual. Namun waspadalah akan menjadi terlalu cepat masuk kepada inti permasalahan ketika ada penghalang atau kesukaran dalam kehendak-kehendak manusia; karena kegelisahan pikiran selalu mensyaratkan kata-kata pembukaan; seperti suatu usapan yang  membuat olesan meresap.

Namun yang terpenting, keteraturan dan distribusi, serta pengkhususan bagian-bagian adalah kehidupan pengiriman; jadi seperti distribusi yang kiranya tidak terlalu ruwet: karena dia yang sungguh tidak memilah-memilah, tidak akan pernah memasuki dunia bisnis dengan baik; tetapi dia yang memilah-milah dengan terlalu detil tidak akan pernah keluar dari dunia bisnis dengan jelas. Memilih waktu yang tepat adalah sama dengan menghemat waktu; dan tindakan yang tidak sesuai dengan waktunya adalah sungguh suatu kesia-siaan. Bisnis kiranya terdiri dari tiga bagian; persiapan, perdebatan atau pengujian, dan pelaksanaan. Tentang ketiga hal tersebut, jika anda hendak melakukan pengiriman, biarkanlah bagian bisnis tentang perdebatan atau pengujian menjadi pekerjaan bagi banyak orang, sementara persiapan dan pelaksanaan bisnis menjadi pekerjaan bagi sedikit orang. Cara kerja yang tertuang di dalam tulisan sebagian besar amat mempermudah pengiriman: sebab meskipun pengiriman benar-benar ditolak, tetapi hal yang negatif itu lebih mengandung suatu petunjuk daripada suatu ketidakjelasan; seperti abu yang lebih generatif daripada debu.

[1] Di sini Bacon menyindir karena sebagaimana mantel dengan ujung yang panjang tidak mungkin untuk perlombaan karena akan menghambat lari dan pergerakan demikian juga pembicaraan yang rumit dan panjang untuk pengiriman.

Author: Duckjesui

lulus dari universitas ducksophia di kota Bebek. Kwek kwek kwak

Leave a Reply