Nubuat-Nubuat

XXXV

Nubuat-Nubuat

Francis Bacon

Lukisan Nikolaos Gyzis, The Fortune Teller, 1885

nikolaos-gysis

Nubuat yang saya maksud di sini bukanlah nubuat-nubuat ilahi ataupun orakel-orakel dari agama-agama kafir ataupun tentang ramalan-ramalan alamiah; tetapi hanya tentang nubuat-nubuat yang telah menjadi kenangan dan nubuat-nubuat yang bersumber dari penyebab-penyebab yang tersembunyi. Kata Pythonissa [1] kepada Saul[2], besok engkau serta anak-anakmu sudah ada bersama-sama dengan daku[3]. Homer memiliki lirik-lirik ini berikut ini:

                                At domus Aenae cunctis dominitabitur oris

                                Et nati natorum, et qui nascentur ab illis

 

                                (Tetapi rumah Aenas akan memerintah di                            semua tanah muka bumi, dan anak dari                               anaknya dan keturunannya).

Tampaknya lirik-lirik tersebut merupakan suatu nubuat tentang kemaharajaan Romawi. Seneca[4] sang ahli drama memiliki lirik-lirik sebagai berikut:

                                ——— Venient annis

                                Secula seris, quibus Oceanus

                                Vincula rerum laxet et ingens

                                Pateat Tellus, Tiphysque novos

                                Detegat orbes; nec sit terris

                                Ultima Thule

 

(Akan datang saatnya ketika ikatan-ikatan samudra kiranya dilonggarkan dan bumi yang luas akan dihamparkan terbuka; Tiphys yang lain akan menyingkapkan dunia-dunia baru dan tanah-tanah akan terlihat di atas Thule): suatu nubuat tentang penemuan Amerika. Anak perempuan Polycrates[5] bermimpi bahwa dewa Jupiter memandikan Polycrates dan dewa Apollo mengurapinya; dan terjadilah bahwa Polycrates disalibkan di tempat terbuka, di mana matahari membuat tubuhnya bermandikan keringat dan hujan membersihkannya. Philip dari Macedonia[6] mimpi bahwa dia menyegel perut istrinya[7], dan menjelaskan mimpi dengan rinci, bahwa istrinya akan mandul; tetapi Aristander[8], peramal kerajaan Macedonia mengatakan kepada Philip bahwa istrinya akan melahirkan, sebab manusia tidak terbiasa untuk menyegel bejana-bejana yang kosong. Suatu roh halus yang menampakkan diri kepada M. Brutus[9] dalam tendanya dan berkata kepadanya, Philippis iterum me videbis (kamu akan melihat aku lagi di Philippi). Tiberius[10] mengatakan kepada Galba[11], Tu quoque, Galba, degustabis imperium (demikian juga kamu, Galba, akan mencicipi kemaharajaan). Pada masa pemerintahan Vespasianus[12], ada sebuah nubuat di Timur, bahwa mereka yang berasal dari Yudea akan memerintah seluruh dunia: yang tentu saja nubuat itu dimaksudkan untuk penyelamat kita Yesus Kristus[13]; walaupun Tacitus[14] menjelaskan nubuat itu secara rinci merujuk kepada Vespasianus. Domitianus[15] bermimpi di malam hari sebelum dia dibunuh, bahwa sebuah kepala emas sedang bercokol keluar dari tengkuk lehernya: dan sungguh bahwa suksesi setelah masa Domitianus dalam beberapa waktu, menjadi masa emas[16]. Henry VI[17] dari Inggris berkata tentang Henry VII[18] yang masih seorang bocah yang memberikan air kepadanya, inilah bocah yang akan menikmati mahkota yang mana kita memperjuangkannya. Ketika saya di Perancis, saya mendengar suatu nubuat dari Dr. Pena, bahwa Ibu Ratu yang dianugerahi rasa ingin tahu akan seni, mendorongnya agar kelahiran sang Raja suaminya dihitung, lalu terjadi kekeliruan nama Raja; kemudian seorang astrolog memberikan suatu nubuat, bahwa sang Raja akan terbunuh dalam suatu duel; tentang nubuat ini Ibu Ratu tertawa terbahak-bahak, berpikir bahwa Raja lebih kuat dari segala tantangan dan duel; tetapi pada kenyataannya Raja terbunuh dalam suatu perlombaan dengan tombak, di mana serpihan-serpihan tombak dari staf Montgomery bertebaran di bagian depan helm sang Raja. Nubuat umum, yang saya dengar ketika saya  masih kecil dan ratu Elizabeth[19] masih dalam tahun-tahun kejayaannya adalah

                                Ketika hempe diputar

                                Inggris  berakhir.

 

Nubuat ini dimengerti secara umum, bahwa setelah para raja bertakhta yang memiliki huruf-huruf utama dari kata Hempe (yang adalah Henry, Edward, Mary, Philip dan Elizabeth), akan terjadi pengucapan yang membingungkan di Inggris; tetapi syukur kepada Allah, kata tersebut hanya diuji hanya dalam perubahan nama; karena gelar Raja sekarang bukan lagi Inggris tetapi Britania. Ada lagi suatu nubuat sebelum tahun “88”, yang saya tidak mengerti dengan baik

                                Terlihat pada suatu hari

                                Antara Baugh dan May

                                Iring-iringan hitam Norwegia

                                Ketika hal itu terjadi dan berlalu

                                Inggris akan membangun rumah–rumah dari jeruk limau dan batu

                                Sebab sesudah peperangan engkau kiranya tidak memiliki apa-apa

Nubuat ini pada umumnya diartikan sebagai pelarian orang-orang Spanyol yang terjadi pada tahun 88: karena nama belakang raja Spanyol, seperti yang mereka katakan, adalah Norwegia. Ramalan Regiomontanus[20]:

                                Octogesimus octavus mirabilis annus

(tahun 88, tahun penuh keterkejutan), tahun “88” selain dipikirkan sebagai tahun terjadinya pengungsian besar-besaran juga dianggap sebagai tahun yang terdasyat berkaitan dengan segala kedasyatan yang menimpa lautan, meskipun tidak banyak kejadian yang terjadi. Berkaitan dengan mimpi Cleon[21], saya pikir itu adalah olok-olokan. Mimpinya bahwa dia dilahap oleh seekor naga panjang ketika sedang membuat sosis begitu menggelisahkan dirinya. Ada sejumlah mimpi yang semacam itu; khususnya jika anda juga memasukkan ramalan-ramalan dan perkiraan-perkiraan astrologi. Tetapi saya telah menuliskan beberapa contoh ini yang memiliki bobot yang pasti. Penilaian saya, semua ramalan haruslah dicela dan hanya didiskusikan di depan perapian pada saat musim dingin berlangsung. Meskipun ketika saya mengatakan dicela, tetapi yang saya maksudkan adalah mencela nubuat-nubuat yang sungguh diterima sebagai kepercayaan[22]; yang lain; menyebarkan atau mempublikasikan nubuat-nubuat tersebut bukanlah hal yang harus dicela. Sebab nubuat-nubuat menyebabkan banyak malapetaka; dan saya melihat ada banyak hukum yang keras yang dibuat demi memberantas nubuat-nubuat itu. Bahwa yang mereka menganggap nubuat-nubuat sebagai berkat dan sebagai pedoman terjadi karena tiga hal. Yang pertama, bahwa manusia mengikuti nubuat ketika mereka sukses dan tidak mempercayainya ketika mereka gagal, seperti yang mereka lakukan juga terhadap mimpi-mimpi. Yang kedua, adalah dugaan-dugaan, atau tradisi-tradisi yang kabur, di mana manusia sering kali mengubah dugaan atau tradisi tersebut menjadi nubuat-nubuat; sementara kodrat manusia yang mendambakan pengilahian berpikir bahwa tidaklah berbahaya menubuatkan apa yang mereka percayai hanya sebagai dugaan; seperti yang ada di dalam larik-larik Seneca[23]. Kemudian ada begitu banyak hal yang dapat menjadi subyek demonstrasi, misalnya bahwa bola bumi memiliki bagian-bagian yang melampui Atlantik; yang amat mungkin diduga bahwa bagian-bagian bumi tidak semuanya lautan, dan di sana ditambahkan pula tradisi yang ada di dalam dialog Plato yang berjudul Timaeus[24], dan Atlanticus[25], sehingga mendorong orang-orang untuk mengubah dugaan itu menjadi nubuat. Yang ketiga dan yang terakhir (yang menjadi alasan utama kebanyakan orang) adalah kebanyakan dari ramalan-ramalan yang tak terhingga jumlahnya tersebut telah menjadi dalih-dalih, dan dengan otak yang licik dan malas sekedar disusun dan diceritakan sebagai nubuat sesudah peristiwa berlalu.

 

[1] Seorang perempuan pemanggil arwah.

[2] Saul adalah raja Israel yang pertama yang diurapi oleh Samuel. Setelah pemanggil arwah bernubuat demikian, Saul bersama ketiga anaknya mati terbunuh dalam peperangan melawan bangsa Filistin di gunung Gilboa. Dia digantikan oleh Daud (tentang Daud lihat essai XX; no. 5). Kisah kehidupan Saul dapat dilihat dalam Kitab Samuel (Perjanjian Lama).

[3] 1 Samuel 28:19

[4]  Tentang Seneca lihat essai II; no. 1

[5] Polycrates adalah seorang tiran dari kerajaan Somos. Mimpi anak perempuan Polycrates dicatat oleh sejarahwan Herodotus.

[6] Philip II Macedonia adalah Raja Macedonia, ayah Alexander Agung. Pada masa pemerintahanya, Philip berhasil menaklukkan Yunani. Ia mati dibunuh oleh pengawalnya pada pesta perkawinan putrinya.

[7] Istri yang dimaksud di sini adalah Olympias dan anak yang dikandung adalah Alexander Agung. Lengkapnya mimpi Philip adalah sebagai berikut: Philip menutup perut Olympias dengan sabuk dan dari segel itu keluar singa.

[8] Aristander adalah peramal kerajaan Macedonia dan mengabdi kepada Philip dan Alexander Agung (tentang Alexander Agung lihat essai XIX; no 6). Selama pemerintahan Alexander, Aristander mempunyai peran vital dalam kampanye Alexander dan dalam mengangkat moral tentara Macedonia. Aristander banyak menafsir mimpi dan tafsiran mimpinya ataupun nubuat-nubuat banyak yang menjadi kenyataan. Misalnya ketika Alexander mimpi akan patung Orpheus di Pieria berkeringat; Aristander menafsirkan bahwa Alexander akan membuat para penyair dan musisi akan lebih banyak berkeringat karena merayakan dan menyanyikan kejayaan-kejayaan Alexander Agung.

[9] Marcus Junius Brutus yang dikenal dengan Brutus adalah seorang politikus dari Republik Roma. Dia adalah eksekutor pembunuhan Julius Caesar. Brutus mati bunuh diri setelah kalah bertempur melawan Markus Antonius di Philippi.

[10] Tentang Tiberius lihat essai II; no. 6

[11] Tentang Galba lihat essai II; no. 9

[12] Tentang Tacitus lihat essai II; no. 7

[13] Tentang Yesus Kristus lihat essai XIII; no. 14

[14] Tentang Vespasianus lihat essai II; no. 8

[15] Tentang Domitianus lihat essai XIX; no. 3

[16] Romawi mencapai masa keemasan pada zaman Kaisar Trajan (tentang Trajan lihat essai XXVII; no. 22). Kaisar Domitianus digantikan oleh Nerva (hanya memerintah Romawi selama 2 tahun) lalu diambil alih oleh Trajan.

[17] Henry VI (6 Desember 1421 – 21 Mei 1471) adalah raja Inggris dari tahun 1422 sampai tahun 1461 dilanjutkan  dari tahun 1470 sampai 1471 sekaligus raja Perancis dari tahun 1422 sampai tahun 1453. Ia adalah anak Raja Inggris Henry V. Ia mendapatkan takhta Perancis karena ayahnya Henry V berhasil menguasai Perancis dan memaksa raja Perancis Charles VI menandatangani perjanjian Troyes. Konsekuensinya, Charles VI terpaksa mencopot hak putranya Charles VII untuk menjadi raja Perancis dan menyerahkan kepada Henry V. Henry V dan Charles VI mangkat pada tahun 1422 sehingga Henry VI mendapatkan mahkota Inggris dan Perancis. Kemudian di dalam perjalanan waktu, Charles VII berhasil mendapatkan kembali mahkota Perancis lewat kemenangan Jeanne d’Arc atas Inggris di Orleans sehingga tahun 1453 perang seratus tahun antara Inggris dan Perancis berakhir. Henry VI adalah seorang pribadi yang lemah tetapi saleh. Masa pemerintahannya juga merupakan awal perang Roses yang dimulai pada tahun 1455 ketika Richard dari wangsa York menantang Henry VI dari wangsa Lancaster demi hak takhta Inggris. Anak Richard yaitu Edward IV berhasil mengkudeta Henry sehingga menjadi raja Inggris tahun 1461 dan membuat Henry VI mendekam di penjara.  Selama dipenjara Henry VI mengalami sakit jiwa. Tahun 1470, Henry segera mendapatkan takhta Inggris kembali. Tahun 1471 Henry VI wafat di menara London (kemungkinan besar dibunuh). Edward IV kembali menguasai Inggris. Ketika Edward IV wafat, anaknya yaitu Edward V dipenjara oleh pamannya yaitu Richard, Duke of Gloucester sehingga Richard mendeklarasikan dirinya sebagai raja Inggris dengan nama Richard III. Perang Roses berakhir di Bosworth tahun 1485 ketika Richard III mati terbunuh dan mahkota Inggris didapatkan oleh Henry VII

[18]  Henry VII lihat essai XIX; no. 40

[19] Tentang Ratu Elizabeth I lihat essai XXII; no. 8

[20] Johannes Müller von Königsberg (6 Juni 1436 – 6 Juli 1476) yang dilebih dikenal dengan nama Latinnya Regiomontanus adalah seorang Jerman ahli matematika, ahli astronomi, penerjemah dan Uskup. Pada zamannya, Regiomontanus termasuk salah satu orang yang terpandang.

[21] Cleon adalah seorang negarawan Athena dan ahli strategi dalam perang Peloponnesian. Ia kenal juga sebagai rival Pericles (pendiri demokrasi). Cleon dikirim untuk mengambil kembali kota Amphipolis, tetapi dihadang oleh jenderal Sparta yaitu Brasidas sehingga mereka berdua bertempur dan akhirnya tewas bersama.

[22] Menurut Bacon sekedar mendengarkan nubuat-nubuat atau membuat nubuat tidaklah bersalah kecuali jika nubuat itu dibuat dan dianggap sebagai kepercayaan karena nubuat yang diterima sebagai kepercayaan akan mengantar kepada ketakhayulan. Tentang ketakhayulan lihat essai Ketakhayulan (essai XVII).

[23] Larik-larik Seneca yang dimaksud adalah lirik-lirik tentang nubuat Amerika yang dibicarakan di atas.

[24] Timaeus adalah dialog Plato yang salah satu isinya menjelaskan menjelaskan tentang penciptaan semesta.

[25] Legenda negeri Atlantis diceritakan oleh Plato dalam dialognya Timaeus dan Critias. Legenda Atlantis menjadi inspirasi bagi banyak orang termasuk Bacon sendiri yang menulis cerita tentang negeri impian dengan judul New Atlantis.

Author: Duckjesui

lulus dari universitas ducksophia di kota Bebek. Kwek kwek kwak

Leave a Reply